Malang 2

Kalau dalam cerita ke dua ini mungkin Malang masih bisa tersenyum Alun-alun malang selain menjadi ciri khas Tata letak kota Islam di Tanah Jawa juga dapat dijadikan sebagai tempat pariwisata.
Tapi sebelumnya biarkan tulisan ini menceritakan tata letak kota Islam di tanah jawa Entah dimulai dari kerajaan Apa… tapi sepengetahuan penulis tata letak kota Islam itu  dirintis oleh Sultan Agung Raja Mataram… cerita lengkap tentang beliau dapat dilihat di ada di http://gusmus.net/
Kalau kita mengitari kota jawa dan juga pusat-pusat kota tentunya ada istilah Alun-alun Berhentilah dan perhatikan sejenak alun-alun itu, disana dapat dipastikan kita akan menemukan Masjid Agung dan juga Pusat Pemerintahan.
Dapat dibayangkan ketika itu adanya keserasian antara Ulama` yang di simbulkan dengan Masjid dan Umaro`(Pemerintah) yang disimbulkan dengan ada nya letak pemerintahan di sebelah Alun-alun
Tapi sekarang letak hanyalah tinggal letak, Masjid tingallah Masjid dan Pemerintahan adalah pemerintahan seperti tiada pernah ada hubungan diantaranya keduanya dan bahkan kitapun tidak menyadari, betapa orang-orang terdahulu telah meletakan dasar-dasar Agama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Tapi yang ada sekarang adalah kecuriagaan antara satu dengan yang lain
Begitulah… sekilas tentang alun-alun
4 bulan yang lalu penulis, masih melihat alun 2 Malang ramai dikunjungi tapi sekarang karena dalam perombakan, Sepi. biasanya penulis duduk-duduk dan menikmati tahu solet yang di jual kebanyakan oleh ibu-ibu yang telah lanjut usia tidak terlalu memakan tempat, karena ibu-ibu itu hanya membawa satu/dua `Bodak/Keranjang` untuk menempatkan Tahu nya Lumayan murah 1000 dapet 3 Tapi sayang rasa was-was dan khawatir slalu menyelimuti. Sampai terkadang lari tanpa peduli kalau kami belum bayar tahu yang kami beli.
Heran kenapa?
Ternyata tukang bersih-bersih kota alias Pamongpraja itu memburu para pedagang di sekitar alun-alun. `Bu ini uangnya`
Sekali lagi ketimpangan terjadi di depan mata. Kasian … demikian lah hati berbicara. Ingin hidup damai di negara ini benar-benar sulit, kecil diinjak-injak, Besar nendang sini sono tanpa memberikan solusi, paling tidak solusi kemanusiaan. Kalau tidak bisa memberikan solusi Ekonomi
——-
Ada sisi baik kota Malang yang dapat kita nikmati di tengah-tengah kota. Bila kita berjalan kearah barat Alun-alun kota Malang, kita akan menemukan Jl. Ijen. Disitulah tata letak bangunan kota yang menurut penulis paling Bagus, indah nan Cantik. Rumah-rumah disusun rapi dengan halaman yang luas dan secuk oleh pepohonan dan taman. Penulis juga kurang tau siapa perancang Arsitektur tata letak kota. Tapi menurut presuksi, tata letak itu di bangun pada zaman Belanda. karena Rumah dan tamannya terbentuk sebagai Arsitek Rumah Belanda.
Ramah, Sejuk dan Aman. Aneh juga, Penjajah yang bercokol di Indonesia selama 350 tahun itu masih mempunyai jiwa keindahan walapun itu ada di negara jajahan. Tapi kita justru menjajah negeri kita sendiri, dan Cuek dengan lingkungan. Wajar kalau Indonesia sering marah. itu adalah kesalahan kita, akibat yang  kita timbulkan sendiri
`Sesunguhnya Allah tidak akan merubah nikmat suatu kaum, sehingga Kaum itu merubah `nikmatnya` sendiri (menjadi azab)

10 responses to “Malang 2

  1. bnrnya malang bs dibanggain arsitktur kotanya yang punya banyak nilai sejarah…
    tapi sekarang malah kemodernannya yang lbih kliatan…tata kota malang dah g’ bagus lagi..PANAS!! mana malangkoe jang doeloe!!!

  2. Malang di bangun dengan arsitektur moderen tu bener!! tapi koq malah tambah parah…
    Banjir di mana-mana padahal doloe ga pernah
    panasnya minta ampun khususnya sumbersari, galunggung dan sekitarnya…

    Moderen tu boleh-boleh az tp jangan buat malang
    tambah ancur donk…

  3. apa kalian tau, bahwa sebenrnya bangunan pool n’ cafe (dulu dunkin donuts) di jalan semeru (kalo g salah) itu sebenarnya bangunan kembar dengan bangunan di seberangnya. yang jika di tarik garis lurus akan menembus ijen dan terlihat pemandangan gunung panderman yang menawan.

  4. pemkot malang isinya orang goblok semua!!!! yang bisanya menhancurkan keindahan kota malang!!!! ironisnya, kota malang jaman penjajahan dulu lebih baik daripada kota malang dalam masa kemerdekaan, apalagi dalam masa modern sekarang, hancur banget!!! pemkot goblok semua!!!!

  5. itulah jadinya kalo politikus bego yang ngambil keputusan. keputusan yang salah pun tidak tahu. pemkot malang sekarang isinya politikus bego, mafia dan kaum kapitalis. jangan harap malang akan menjadi kota terindah seasia tenggara seperti pada tahun 1933. ga banyak yang tau ya kalo kota malang jadi kota terindah se asia tenggara tahun 1933? siapa yang peduli mau jadi kota terindah atau enggak, yang lebih penting kan isi kantong masing2 pejabat, biasa lah ngelunasi utang waktu pilkada dulu….hehehehe. sekarang sih malang jadi sapi perahnya pejabat2. dikit banget pejabat yang bermoral !!! moga2 kota ini tidak diazab!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s